Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Rekomendasi Backpacker ke Bandung, Ketahui Tipsnya Terlebih Dahulu Disini!

Rekomendasi backpacker ke bandung, bagi orang yang baru pertama kali ingin merencanakan liburan ke Bandung, pastinya mempunyai banyak pertanyaan. Salah satunya wisata apa saja yang bisa dikunjungi, tempat penginapan apa yang bagus, dan dimana tempat wisata kuliner. Sebenarnya cukup mudah memberikan macam-macam contoh wisata, kuliner, dan penginapan selama menjelajah Bandung. Agar Anda semakin lebih mantap, ada baiknya Anda menyimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Rekomendasi Backpacker ke Bandung, Kenali Pariwisata di Bandung

Banyak backpacker yang hanya mengetahui Lembang sebagai tujuan wisata utama ketika di Bandung. Bahkan tidak sedikit backpacker yang hanya berpatokan pada obyek wisata yang paling dekat dari Lembang.

Kebanyakan orang hanya mengetahui bawa Bandung ya hanya Bandung. Nyatanya, Bandung itu sangat luas. Bahkan, dibagi mulai dari Bandung Utara, Bandung Tengah, Bandung Selatan, Bandung Timur, dan Bandung Barat. Semua daerah Bandung yang terbagi tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Percaya, Bandung tidak hanya tentang Lembang. Tidak percaya? Mari kita ulas lebih lengkap daya tarik tempat wisata yang ada di seluruh Bandung. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah menemukan lokasi yang dimaksud. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di Bandung:

  1. Bandung Utara

Pada dasaranya tidak ada batasan pasti mana saja area Bandung Utara, Bandung Tengah, Selatan, Barat, dan Timur.menurut perkiaraan, kawasan Bandung Utara itu hanya mencakup wilayah yang ada di bagian Utara Bandung dan sebagian dari wilayah Kabupaten Bandung Barat, seperti kawasan Dago, Punclut, dan kawasan Lembang.

  1. Bandung Tengah

Bandung Tengah adalah sebutan untuk kawasan yang ada di pusat kota Bandung dan sekitarnya. Di Bandung Tengah ini Anda akan menemukan banyak spot untuk wisata kuliner, wisata belanja, taman kota, wisata sejarah, bahkan taman main modern. Wisata-wisata tersebut berada di Jalan Braga, Jalan Asia Afrika, Jalan Gatot Subroto, Jalan Burangrang, Jalan Riau (atau Jl. R.E.Martadinata), Jalan Veteran dan Jalan Cibaduyut.

  1. Bandung Barat

Sama halnya seperti Bandung Timur, pariwisata yang ada di Bandung Barat ternyata juga masih kalah pamor dibanding Bandung Utara, Tengah, dan Selatan. Tidak disangka-sangka Bandung Barat juga sangat kaya akan obyek pariwisata, khususnya wisata alam. Agar tidak terjadi kebingungan atau kesalah fahaman! istilah ‘Bandung Barat’ disini dalam artian kawasan yang ada di sebelah barat Bandung (seperti Padalarang, Batujajar, dan area lain di Barat kota Bandung), bukan kabupaten Bandung Barat. Beberapa obyek wisata yang bisa Anda kunjungi di Bandung Barat adalah Sanghyang Heleut, Sendang Geulis Kahuripan, Curug Anom, Curug Malela, Stone Garden, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Hotel Backpacker Bandung Paling Rekomended

Tips yang harus Anda ketahui sebelum lakukan backpacker ke Bandung

Setelah melihat rekomendasi backpacker ke bandung beberapa daftar spot wisata yang ada di seluruh kawasan Bandung, bisa diambil kesimpulan bahwa Bandung sangat kaya akan spot wisata yang mengagumkan. Jadi, jangan hanya terfokus ke Lembang ataupun Ciwidey. Karena masih banyak spot wisata lain yang sudah menunggu untuk Anda jelajahi. Kalian hanya perlu menyusun apa saja tempat wisata yang tepat dan mennentukan waktu agar dapat lebih maksimal dalam menjelajahi kota Bandung.

Lalu, bagaimana cara terbaik menyusun jadwal yang tepat untuk mengeksplorasi Bandung? Nah, berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba:

  1. Tentukan jenis wisata apa yang ingin dilakukan di Bandung

Wisata mana yang lebih Anda sukai: wisata belanja, wisata kuliner, wisata alam, atau mungkin kombinasi dari beberapa jenis wisata? Setelah Anda sudah menaruh pilihan jenis wisata apa yang ingin dilakukan, Anda bisa mulai men-survey spot wisata mana saja yang ingin dikunjungi di Bandung.

  1. Membuat daftar obyek wisata yang Ingin dikunjungi

Setelah memutuskan ingin melakukan wisata apa saja ketika backpacker ke Bandung, sudah saatnya Anda menentukan obyek wisata yang ingin dikunjungi. Jika masih bingung menentukan mana spot wisata yang akan dikunjungi, terlebih dahulu Anda bisa menentukan kawasan mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu selama berada di Bandung.

Sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan wisata arsitektur, maka daerah Bandung Tengah dapat menjadi pilihan yang paling pas. Tetapi jika Anda ingin melakukan wisata kuliner sekaligus wisata belanja, Bandung Tengah dan Bandung Utara merupakan pilihan terbaiknya.

Sedangkan jika Anda  ingin lebih berminat kepada wisata alam, Bandung Utara dan Bandung Selatan bisa Anda jadikan pilihan alternatif. Namun jika Anda lebih suka wisata alam yang tidak terlalu mainstream, Bandung Timur dan Bandung Barat pilihan alternatifnya.

  1. Dahulukan Realistis dalam Menyusun jadwal perjalanan

Masalah yang sering menghantui sebagaian besar backpacker adalah bagaimana caranya agar bisa maksimal dalam menjelajah kota Bandung?

Salah satu kunci agar bisa menjelajah Bandung secara maksimal adalah dengan bersikap realistis. Realistis disini bukan berarti masalah budget, tetapi menyangkut masalah waktu. Pasalnya tempat wisata antara satu dengan yang lain di Bandung jaraknya cukup berjauhan dan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai obyek-obyek wisata tersebut.

Contoh simplenya yaitu dari tempat wisata di Bandung Utara ke Bandung Selatan membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan jika menggunakan mobil. Begitu juga antara Bandung Timur dan Bandung Barat dan lain-lain. Belum lagi Bandung tidak jauh beda dengan Jakarta yang sering macet di beberapa ruas jalannya, sehingga waktu Anda akan terpotong percuma.

Jadi, disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi Bandung untuk mengutamakan mengunjungi obyek-obyek wisata yang saling berdekatan saja. Nah, jika Anda hanya memiliki waktu 1 hari saja untuk berwisata, jangan memaksakan diri untuk mengunjungi Lembang dan Kawah Putih (Bandung Selatan), karena kedua tempat ini cukup memakan waktu yang banyak.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi backpacker ke bandung yang harus Anda ketahui sebelum melakukan backpacker ke Bandung. Semoga setelah membaca artikel ini perjalanan backpacker Anda ke Bandung berjalan dengan lancar dan maksimal.

You might also like
Comments
Loading...