Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Fakta Kopi dan Teh Beserta Manfaatnya

Meskipun tugas-tugas di kantor yang menunggu sudah menumpuk, namun awali pagi dengan semangat dan ceria. Selain itu, sikapi dengan optimisme agar tugas bisa selesai dengan baik. rasanya kurang lengkap jika semangat di pagi hari tanpa ditemani dengan segelas kopi atau teh yang bisa membuat semangat tetap terjaga.

Kopi atau teh? Antara kopi dan teh memang sama-sama nikmatnya, namun masih saja tergantung dari selera Anda, mana yang Anda suka. Nikmat atau tidaknya sebuah minuman, tergantung bagaimana cara kita menikmatinya.  Pastinya kita hanya suka menikmati tanpa mengetahui fakta yang ada di balik minuman yang kita seduh. Nah, maka dari itu, sebelum menyeduh segelas kopi atau teh, sebaiknya ketahui dulu fakta-faktanya berikut ini.

kopi dan teh

Fakta Tentang Kopi

Banyak orang yang mengutarakan pendapatnya mengenai kopi. Bahkan, beberapa orang mengatakan jika kopi tidak baik untuk kesehatan tubuh dan sebaliknya. Nah, agar tidak salah kaprah, langsung saja simak fakta unik dari kopi berikut ini.

  • Penyakit Lupa

Kopi memiliki nyawa yang disebut dengan Kafein. Jika kopi tanpa memiliki kafein, maka kopi tidak akan memberikan efek apa-apa bagi tubuh penikmatnya. Tahukah Anda, jika kafein ternyata merangsang syaraf-syaraf di otak sehingga bisa merangsang memori otak agar awet. Dengan kata lain, kafein bisa mencegah seseorang dari penyakit orang tua yaitu pikun.

Jika dibanding dengan kopi-kopi jenis lainnya, kopi hitam dipercaya lebih memiliki kandungan kafein yang kuat. Seduhlah secangkir kopi hitam pada pagi hari secara rutin, namun ingat jangan  berlebihan. Karena, apapun yang di konsumsi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh.

  • Antioksidan Alami

Kafein yang terkandung di dalam kopi mempunyai kandungan alami yang berfungsi sebagai antioksidan. Atioksidan ini sangat bagus untuk daya tahan tubuh. Selain itu, juga berguna untuk mencegah penyakit Parkinson jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan.

  • Obatnya Pegal Pegal

Dua gelas kopi sehari ternyata mampu mengobati nyeri pada otot atau pegal-pegal dan ini sudah terbukti. Ini merupakan fakta yang paling mengejutkan lagi dari kafein yang terdapat di segelas kopi. Namun, tetap perlu kita ingat, bahwa mengonsumsi kafein secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Alangkah baiknya jika dua gelas kopi dengan segelas pada pagi hari dan segelas terakhir pada sore hari   untuk menghilangkan pegal-pegal.

Fakta yang ini jauh lebih menarik. Jadi, jangan lupa seduh segelas kopi dan hirup aroma kopi di pagi hari untuk membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas.

Fakta Tentang Teh

Pada zaman dahulu, teh merupakan minuman kegemaran para bangsawan Inggris. Bahkan, hingga kini teh masih menjadi minuman wajib untuk orang-orang Inggris. Tak hanya di daratan Eropa, bahkan di China teh memiliki tempat yang istimewa. Mengapa teh bisa begitu istimewa dibandingkan dengan minuman lainnya? Berikut fakta unik mengenai teh yang perlu Anda ketahui.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menyeduh teh di pagi hari juga tak kalah nikmat dengan kopi. Fakta unik dari teh yaitu bisa meningkatkan imun yang akan mencegah penyakit untuk berdiam di tubuh Anda. Nah, Jika tubuh mulai letih, maka sistem kekebalan tubuh atau imun akan mudah melemah dan sangat mudah penyakit untuk menguasai tubuh Anda. Agar hal ini tidak terjadi, biasakan untuk menyeduh dua gelas kopi seharinya.

  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Banyak tanaman yang bisa digunakan sebagai penangkal serangan jantung dan stroke, salah satunya yaitu daun the. Daun teh yang diseduh hangat-hangat, bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, untuk mengatasi gangguan ini, dokter menyarankan untuk menyeduh teh dua cangkir sehari.

  • Melawan Kanker

Jika Anda mengonsumsi teh secara rutin dan benar, Anda berkesempatan untuk bisa melawan sel-sel kanker. Namun, untuk lebih amannya, tanyakan dosis minumnya ke dokter ahli.

Siapa yang bisa menyamakan selera semua orang. hal ini sangat mustahil. Karena, pada dasarnya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Mungkin kebanyakan orang lebih memilih kopi dibanding teh untuk memulai aktivitas kerja atau secangkir teh agar kerja lebih bersemangat. Tidak masalah mana yang lebih Anda suka, kembali ke tujuan awal bahwa menyeduh kopi atau untuk meningkatkan semangat kerja sebelum memulai aktivitas.

Manfaat Minum Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Bagaimana cara Anda mengawali hari agar lebih semangat? Apakah dengan menyeduh secangkir kopi atau segelas teh? Memang dari dulu perbandingan teh dan kopi memang tidak pernah ada habisnya untuk diperdebatkan. Yang menjadi pertanyaan umum yaitu minuman mana yang lebih sehat kopi ataukah teh?

Manfaat Teh untuk Kesehatan

Penyeduh teh berisiko lebih rendah terkena gangguan jantung dan stroke. Bahkan, teh dikenal sebagai minuman yang bisa meningkatkan kesehatan otak. Hal ini didukung pendapat dari Linus Pauling Institute bahwa teh hijau maupun teh hitam mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, stroke dan osteoporosis.

Hal ini juga dibuktikan dengan adanya penelitian lain kepada 1003 orang dewasa yang berusia lebih dari 70 mengungkapkan bahwa mereka yang meminum green tea lebih dari 2 gelas dalam sehari, mereka mengungkapkan bahwa meminum teh berisiko lebih rendah mengalami pikun. University of Maryland juga menambahkan bahwa green tea membantu tubuh dalam mengendalikan glukosa dalam darah dan juga melindungi hati dari kerusakan.

Namun ada juga penelitian lain yang dilakukan oleh Hallberg yang mengungkapkan bahwa mengkombinasikan teh dengan beberapa cemilan mampu menurunkan 62 persen penyerapan zat besi dalam tubuh, jika dibandingkan dengan kopi yang hanya 35 persen saja.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Mengkonsumsi kopi menurut beberapa penelitian, bisa menurunan risiko kematian karena penyakit kardiovaskular, diabetes, dan penyakit Parkinson.

Fernandez-Elias dalam penelitiannya kepada 12 atlet mengungkapkan bahwa meminum kopi sebelum berlatih bisa membakar kalori lebih banyak 15 % dari yang biasanya. Sayangnya, pada penelitian yang terdahulu mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kopi juga mampu meningkatkan kandungan kolesterol di dalam tubuh.

Demikian ulasan tentang fakta kopi dan teh beserta manfaatnya. Bagaimana, setelah mengetahui fakta tentang kopi dan teh, jadi semakin cinta dengan kedua minuman ini ya. Mesti kopi dan teh memiliki manfaat, tapi juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga artikel ini bermanfaat.

You might also like
Comments
Loading...